10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi Di Dunia Yang Berdesain Keren

10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi Di Dunia - Setiap negara tentu memiliki desain bangunan yang unik, baik itu dari bentuk gedung hingga bentuk bangunan rumahnya. Beragam desain bangunan atau gedung di era modern saat ini mampu menarik perhatian publik, bahkan tak sedikit dijadikan satu destinasi wisata. Pada umumnya, kondisi gedung-gedung di perkotaan memiliki tinggi ratusan meter dimana menjadi hasil dari kreasi para arsitek ternama. Mungkin selama ini Anda mengamati beragam gedung dengan tinggi yang berbeda dari gedung lainnya kemudian desain bangunannya terlihat berbeda.

Baca Juga : Pergunakan 7 menit waktumu untuk olahraga

Agar Anda tak penasaran mengenai gedung paling tinggi didunia, berikut ini ada 10 gedung yang memiliki tinggi menjulang ditambah desain bangunannya terlihat unik.

10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi Di Dunia

Berikut daftar 10 gedung pencakar langit yang memiliki tinggi fantastis sekaligus menjadi paling tinggi di dunia.

1. Burj Khalifa

Burj Khalifa

Terdapat satu bangunan berupa gedung yang lokasinya berada di Dubai, Uni Emirat Arab yakni Burj Khalifa. Dari bangunan tertinggi di dunia satu ini memiliki tinggi mencapai 828 meter ditambah terdapat lantai mencapai 160. Bangunan tertinggi di Arab Saudi ini dibangun pada tahun 2004 dan diresmikan pada 4 Januari 2010.

Bisa dilihat desain arsitek dari Burj Khalifa mengedepankan kemewahan yang sangat menarik untuk dijadikan objek foto. Bangunan paling tinggi di Arab Saudi tersebut membutuhkan waktu  6 tahun untuk menyelesaikannya, sehingga sampai sekarang masih menjadi satu bangunan dengan ketinggian di atas 800 meter.

2. Abraj Al Bait

Abraj Al Bait

Masih di wilayah Arab Saudi, tepatnya di Mekah yang mana memiliki satu bangunan berketinggian 601 meter bernama Abraj Al-Bait.

Bagunan paling tinggi didunia tersebut memiliki jumlah lantai mencapai 120 dan dibuat pada tahun 2004 hingga 2012. Ada nama lain dari Abraj Al- Bait yakni Mecca Royal Hotel Clock Tower Hal dan keunikannya tidak hanya dari desain bagunannya saja tetapi lokasi menara tersebut persis di selatan pintu Masjidil Haram. Perlu 8 tahun untuk membuat Abraj Al-Bait sehingga menjadi satu destinasi wajib bagi pelancong bahkan Anda bisa mencoba menginap di Abraj Al-Bait, namun dari segi harga tentu sangat mahal.

3. Taipei 101

Taipei 101

Kita berpindah ke daerah Taiwan, Taipei dimana terdapat satu gedung berketinggian 509 meter bernama Taipei 101. Dari gedung Taipei 101 tersebut memiliki lantai sebanyak 101 dengan ketinggian mencapai 509 meter. Peresmian gedung tertinggi di Taiwan ini sudah berlangsung pada 31 Desember 2014 dan banyak menawarkan beragam fasilitas menarik di dalamnya. Gedung pencakar langit tersebut dianggap sebagai bangunan tertinggi dan tercanggih yang pernah dibuat, bahkan satu keunggulan dari Taipei 101 terletak pada fiber optic dimana mampu terhubung ke internet satelit berkecepatan 1 gigabyte per detik.

4. Shanghai World Financial Center

Shanghai World Financial Center

Tidak hanya dari Taiwan saja, Shanhai Cina juga memberikan satu bangunan paling tinggi di dunia yakni Shanghai World Financial Center dimana ketinggiannya mencapai 494.3 meter dengan jumlah lantai mencapai 101. Bangunan yang di buat sejak tahun 1997 tersebut hingga kini memberikan desain menarik dimana terdapat aperture trapezium di bagian puncaknya. Ukuran diameter dari aperture trapezium tersebut mencapai 46 meter yang berfungsi untuk mengurangi tekanan angin bahkan bisa beguna sebagai subteks untuk sektor desainnya. Salah satu bangunan paling tinggi di Cina tersebut menganut filosofi dimana bumi berukuran persegi dan langitlah yang berbentuk lingkaran.

5. Internasional Commerece Centre

Internasional Commerece Centre

Kini dari Hong Kong juga memiliki satu bangunan dengan tinggi mencapai 484 meter. International Commerce Centre berlokasi di West Kowlood, Hong Kong yang mana jumlah lantainya bisa mencapai 108 dengan proses pembangunan dari tahun 2005 sampai 2010. ICC Tower tersebut menjadi satu bagian dari Union Square dan pembangunannya sendiri berada di atas Kowloon Station. Sebagai pengembang yakni MTR Corporation Limited dan Sun Hung Kai Properties memberikan desain menarik bahkan menjadi gedung paling tinggi kelima di dunia.

6. Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas

Petronas bisa menjadi satu objek foto yang menarik dimana memiliki tinggi mencapai 451.9 meter dengan lokasi di Kuala Lumpur, Malaysia. Dari desain bagunan tertinggi di Malaysia satu ini terdiri dari dua buah pencakar langit kembar dimana seperti sebuah pintu masuk utama langsung ke struktur paling tinggi dari menara. Pembangunan menara kembar Petronas dimulai dari tahun 1992 – 1998 lalu dari jumlah lantainya mencapai 88.

7. Zifeng Tower

Zifeng Tower

asih dari China dimana terdapat satu bagungan dengan ketinggian lebih dari 400 meter yakni Zifeng Tower. Salah satu bangunan tertinggi di China satu ini memiliki dua nama lain yakni Greenland Pusat-Zifeng Tower dan Menara Greenland Persegi Zifeng. Desain bangunan tersebut sangat menarik dimana menampilkan sebuah arsitektur modern dengan total lantai mencapai 89. Terdapat beragam fasilitas di Zifeng Tower mulai dari restoran, hotel, dan sebuah observatorium pada bagian atasnya.

8. Willis Tower


Sebuah menara bermama Willis Tower menjadi satu ikon menarik khususnya di Amerika Serikat, Chicago. Salah satu bangungan tinggi di dunia tersebut sudah melebihi tinggi World Trade Center di Ney York bahkan sudah memegang gelar hingga 25 tahun. Bahkan dari Willis Tower tersebut menjadi satu bangunan tertinggi di Amerika Serikat yang memakai struktur berdiri bebas di dunia. Total lantai yang tersedia di Willis Tower bisa mencapai 108 dengan total tinggi mencapai 442meter.

9. Jin Mao Building

Jin Mao Building

Lagi-lagi China menjadi satu negara yang mempunyai beragam bangunan dengan tinggi fantastis. Jin Mao Building yang berada tepat di kote Shanghai, China bisa memberikan ketinggian mencapai 420,5 meter yang sudah disediakan lantai mencapai 88. Dari tahun 1998 hingga 2007 Jin Mao Building menjadi satu bangunan tertinggi di China dan sekarang sudah menjadi satu ikon wisata di China.

10. Two International Finance Centre

Two International Finance Centre

Hong Kong masih memiliki satu buah bangunan tertinggi yakni Two International Finance Centre yang mana ketinggiannya bisa mencapai 415 meter ditambah lagi jumlah total lantainya bisa mencapai 88. Proses pembangunan Two International Finance Centre cukup lama yakni dari 1997 hingga 2003. Sampai sekarang salah satu bangunan tertinggi di dunia tersebut masih menjadi satu tempat menarik untuk berfoto ataupun berwisata.

Dari sekian banyak bangunan tertinggi di dunia, ternyata masih terdapat berbagai bangunan tinggi lainnya yang mengusung desain arsitek terbaik. Sebuah bangunan tertinggi dengan memiliki desain modern akan terus dikenang banyak orang dan mampu memberikan inspirasi kepada semua orang mengenai sebuah bangunan berketinggian fantastis.

Mengenal bangunan pencakar langit sangatlah menarik bahkan bisa memberikan inspirasi kepada banyak desainer yang nantinya akan membuat gedung berketinggian lebih dari generasi sebelumnya. Dimungkinkan masih ada berbagai desain bangunan tinggi yang akan dibangung dan bagi para wisatawan bisa langsung melihat atau merasakannya. Rata-rata dari bangunan tinggi yang sudah disebutkan sering dimanfaatkan untuk tempat menginap atau hotel dan restoran.

0 komentar