3 Hal Yang Mesti Dilakukan Pada Saat Marah

Jika sedang kesal dengan sesuatu atau seseorang pasti ingin marah. Padahal, dengan marah belum tentu diri kita bakal merasa lebih baik. Bisa jadi sebaliknya. Guru spiritual Kend Lindner, dalam bukunya Your Killer Emotions seperti dilansir Well+Good nyc, Rabu (3/4/2013) menyebutkan bahwa saat frustasi, kita sering melakukan hal-hal yang kurang positif.

3 Hal Yang Mesti Dilakukan Pada Saat Marah

Menurut Lindner, emosi merupakan hal yang netral, tidak baik dan tidak buruk. Karena itu bisa jadi membuat seseorang bingung. Menjadi buruk atau baik ketika kita sudah memutuskan sebua tindakan atas dasar emosi itu. Agar tidak terjadi hal buruk, Lindner memberi tiga kiat yang harus dilakukan ketika sedang marah. Mungkin bisa membantu sebelum Anda menyesal nantinya.

1. Jangan buat keputusan ketika sedang marah

Saat berada dalam situasi tak terkendali cobalah menenangkan diri sejenak dan memahami situasi dengan pikiran jernih. Karena seseorang cenderung membuat keputusan yang tidak rasional ketika sedang merasa emosi.

Jadi, meski sangat ingin untuk segera membuktikan kesalahan orang lain maupun ingin segera dimengerti, Linder menyarankan menjadikan itu sebagai rumusan untuk tidak pernah mengambil keputusan pada saat Anda sangat ingin segera memutuskannya.

“Tenang dan pikirkan tentang pilihan yang benar-benar diinginkan atau interaksi,” kata Lindner

2 . Fokus pada gambaran besar

Lindner berpendapat, seseorang cenderung melupakan gambaran besar ketika sedang marah. Ia ingat saat mencapai tahap akhir dari kesepakatan bisnis. “Jika saya berteriak dan menjerit, mungkin akan kehilangan kesepakatan seluruhnya. Itu akan menghalangi mendapatkan apa yang saya inginkan,” jelasnya.

Pikirkan tentang tujuan Anda dalam situasi tertentu dan tetap fokus pada tujuan itu. Meski sedang dalam keadaan marah dan frustasi yang bersifat sementara. “Anda ingin memastikan bahwa apa yang dilakukan konsisten dengan apa yang diinginkan dalam suatu hubungan yang luas.”

3. Ketahui konsekuensi

Sebuah cara tepat untuk kembali fokus dan bertindak bijak adalah memikirkan konsekuensi saat kita marah. Jangan buang waktu untuk sesuatu yang membuat Anda makin buruk di masa depan.

Keputusan buruk biasanya diambil saat sedang marah dan itu bisa membuang semua yang telah dimiliki. Reputasi yang dibangun selama 20 tahun bisa rusak hanya dalam waktu lima menit.

Sekian informasi seputar 3 Hal Yang Mesti Dilakukan Pada Saat Marah semoga bisa bermamfaat buat anda jangan lupa untuk terus menyimak artikel di blog ini watnyus.com yang akan terus update.

0 komentar