Apa Itu Kelinci Anggora Ini Jawabannya

Kelinci anggora Kelinci merupakan salah satu hewan mamalia yang paling banyak dipelihara. Kelinci memang terlihat begitu manis juga jinak. Selain itu, perawatan kelinci juga cukup mudah. Jika Anda tertarik memelihara kelinci di rumah Anda, rekomendasi terbaik bagi Anda adalah jenis kelinci Anggora. Bulunya lebat dan indah membuat binatang ini banyak dijadikan kelinci hias kesayangan.

Apa Itu Kelinci Anggora Ini Jawabannya

Kelinci Anggora kabarnya berasal dari Ankara, Turki. Kelinci cantik ini pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut berkebangsaan Inggris. Kabarnya, tahun-tahun berikutnya anggora sudah mulai dikembangkan di Perancis dan menyebar juga ke Jerman.

Saat ini Anggora sudah dikenal hampir di seluruh belahan dunia. Khusus di Perancis, kelinci anggora tak hanya ditujukan sebagai peliharaan namun juga sebagai penghasil wool.

Baca Juga : 5 jenis penyakit kelinci

Kelinci Anggora masih digolongkan ke dalam beberapa klasifikasi antara lain kelinci French Anggora, Giant Anggora, Satin Anggora, Chinese Anggora. German Anggora, Finnish Anggora dan masih banyak lagi lainnya. Secara umum, warna yang bermain pada anggora adalah abu-abu, putih, hitam, hitam-putih, coklat, totol-totol putih dan oranye.

Perlakuan Tepat Untuk Kelinci Yang Manis

Merawat kelinci Anggora bukan perkara mudah. Ketelatenan serta perhatian ekstra dari Anda sangat dibutuhkan. Anggora memiliki bulu yang panjang, oleh sebab itu sang pemilik haruslah rajin menyisir bulu Anggora. Tetapi tetap hati-hati dalam menyisir sebab bulu tersebut mudah rontok. Jangan pula terlalu sering memandikan kelinci anggora Anda. Seminggu tiga kali sudah cukup.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah kebersihan kandang. Usahakan ukuran kandang minimal 50×50 sentimeter. Kandang yang lowong membuat kelinci lebih senang. Perhatikan pula suhu serta akses matahari dalam kandang.

Berhubung Anggora memiliki bulu yang lebat, Anda harus yakin suhu di kandangnya sejuk agar tidak kepanasan. Kandang juga harus dilengkapi dengan tempat pakan dan air. Beri makanan sehat pada Anggora Anda seperti rerumputan kering, rerumputan dalam keadaan telah layu, kangkung dan lain-lain. Sebagai selingan, Anda bisa memberi makanan seperti brokoli, pisang, wortel, ubi jalar dan lain-lain.

Hal lain yang wajib Anda perhatikan adalah kebersihan kandang maupun kelinci anggora Anda. Bersihkan kadang secara berkala. Jauhkan dari tanah dengan permukaan yang becek sebab bisa mengotori kelinci dan mengundang penyakit.

Sediakan pula tempat menampung kotoran yang memadai. Jika Anda sering melepas kelinci Anda, tuntunlah ia untuk buang air besar pun kecil di tempat yang Anda inginkan. Setelah terbiasa, kelinci hanya buang air di tempat tersebut.

Kelinci Anggora, sama seperti peliharaan lainnya, mampu memahami perhatian yang Anda berikan. Oleh sebab itu, rajinlah melakukan aktifitas yang akan membangun kedekatan emosional Anda dengan peliharaan Anda. Sering mengusap-usap bulu kelinci Anggora adalah salah satu jalan paling mudah.

0 komentar