Cara Mempersiapkan Kandang untuk Kelinci Bagi Pemula

Kandang kelinci - Banyak pemelihara bahkan peternak  yang tak tahu bahwa kelinci sangat sensitif terhadap bebauan. Hal inilah yang membuat kelinci, di alam terbuka, pergi menjauh setelah buang air besar.  Kelinci tidak sama seperti kucing yang bisa mengubur kotorannya.

Cara Mempersiapkan Kandang untuk Kelinci Bagi Pemula

Kelinci juga tak bisa seperti anjing pun babi yang tak peduli jika harus dekat dengan kotorannya. Jika di alam bebas kelinci menjauhi kotorannya, lantas bagaimana jika kelinci berada dalam kandang? Berdasarkan pada hal tersebut, peternak dituntut untuk merancang kandang kelinci yang memberikan kenyamanan dan kebersihan sesuai dengan sifat alamiah kelinci.

Jangan Membuat Kandang Bersusun

Meskipun menambah efektifitas ruangan, tetapi sistem kandang bertingkat harus tetap dihindari. Kandang yang bertingkat akan membuat kotoran serta air seni kelinci menumpuk pada kandang paling bawah. Selain itu, kotoran yang berasal dari kandang tingkat atas akan mengalir ke kandang tingkat bawah dan kemungkinan besar mengenai wadah air dan pakan kelinci.

Hal ini cukup berbahaya bagi kesehatan kelinci Anda. Hal lainnya adalah bahwa kelinci diketahui takut pada ketinggian. Kandang yang bersusun akan membuatnya kurang nyaman.

Baca Juga : 5 Jenis penyakit kelinci

Hal lain yang perlu diperhatikan dari kandang kelinci adalah luasnya. Usahakan ukuran kandang seluas mungkin.

Kandang yang sempit akan membatasi gerak kelinci dan cenderung bersuhu  lembab. Kandang yang baik adalah kandang yang luas. Jika kelinci berdesak-desakan, berpotensi memancing munculnya penyakit yang tentu merugikan bagi kesehatan kelinci Anda.

Kelengkapan Kandang

Kandang kelinci harus dilengkapi dengan celah lubang sebagai tempat untuk buang air kecil pun besar. Dengan celah tersebut, peternak bisa menghindari terjadinya penumpukan kotoran. Namun perlu diperhatikan, lubang tersebut tak boleh terlalu besar sehingga tikus bisa leluasa masuk ke dalam kadang. Tikus merupakan gangguan berbahaya terutama bagi bayi kelinci.

Hal lain yang bisa melengkapi kenyamanan kandang kelinci adalah lantai kandang yang bisa dicopot. Hal ini akan memudahkan Anda saat membersihkan.  Selain hal tersebut, penting juga untuk menempatkan wadah air minum serta pakan dalam kandang kelinci Anda.

Dua Jenis Kandang

Bagi mereka yang memang bertujuan untuk beternak kelinci, kandang yang disediakan mencakup dua jenis yakni kandang baterai serta kandang koloni. Kandang kelinci baterai ditujukan untuk sang induk saja.

Setelah anaknya bisa disapih, maka baiknya dipisahkan dan dimasukkan ke dalam kandang koloni. Oleh sebab kandang koloni akan dihuni anak-anak kelinci, baiknya ukuran kandang dibuat seluas mungkin.

Kandang kelinci memegang peranan yang penting dalam usaha peternakan kelinci. Namun, jika Anda hendak menternakkan kelinci pedaging seperti kelinci Flemish Giant yang dikenal sebagai kelinci raksasa, ada baiknya Anda mengimbanginya dengan sistem kandang-tutup.

Misalnya dalam sehari, kelinci Anda boleh beraktifitas di luar kandang pada jam-jam tertentu. Hal ini memang merepotkan tetapi sangat baik bagi pertumbuhan kelinci Anda.

0 komentar