Cara Mengawinkan Kelinci Yang Benar dan Terbukti

Cara mengawinkan kelinci - Kelinci merupakan binatang peliharaan rumah yang ramah dan banyak digemari. Namun, pemeliharaan kelinci dewasa ini bukan hanya sebatas untuk hiburan saja tetapi telah merambah kebutuhan konsumsi. Permintaan terhadap daging kelinci yang makin meningkat, memberi inspirasi bagi segelintir orang untuk memulai usaha ternak kelinci.

Cara Mengawinkan Kelinci Yang Benar dan Terbukti

Peluang usaha ini cukup potensial jika digeluti secara serius. Salah satu poin penting dalam beternak binatang lucu ini adalah memahami cara mengawinkan kelinci.

Jeli Memilih Kelinci

Proses awal perkawinan dimulai dengan memilih kelinci yang sudah siap kawin. Umur kelinci yang telah matang berkisar antara enam sampai delapan bulan.

Cara Mengawinkan Kelinci Yang Benar dan Terbukti

Secara fisik, kesiapan ini bisa dibaca dari tanda-tanda seperti alat kelamin yang sudah sempurna dan berwarna merah terang. Sedangkan dari sifat, kelinci yang memiliki birahi terlihat dari kelakuannya yang aktif seperti sering mondar-mandir, gemar menggigit juga mencakar.

Jeli Memilih Tempat

Jeli Memilih Tempat

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah tempat kelinci betina dan jantan akan kawin, bisa di kandang atau juga di luar kandang.  Jika di kandang, pastikan tidak ada bagian kandang yang akan melukai kedua kelinci, sebab saat proses perkawinan, kelinci suka saling mengejar.

Jika perkawinan dilakukan di luar kandang, pastikan sang jantan telah menandai tempat tersebut sebagai wilayahnya sebab kelinci jantan memiliki sifat dominatif dimana ia akan merasa nyaman kawin saat mengetahui tempat tersebut miliknya.

Jeli Melihat Kondisi

Jeli Melihat Kondisi kelinci

Hal selanjutnya adalah membaca kondisi tepat untuk mengawinkan kelinci. Sebaiknya Anda memastikan kelinci Anda kenyang saat hendak dikawinkan. Sebab Kelinci yang lapar agak susah untuk kawin.

Sebelum melakukan proses perkawinan, penting pula untuk menjalani tahapan pendekatan terlebih dahulu dengan cara mendekatkan kandang bentina dengan kandang jantan satu sampai dua hari sebelum disatukan dalam satu kandang atau tempat.

Waktu untuk mengawinkan kelinci juga tidak sembarangan. Waktu terbaik melakukan proses perkawinan dimulai pada jam 05.00 sampai 08.00 pagi hari atau pukul 18.00 sampai 20.00 malam hari. Cermati juga kondisi cuaca. Iklim dengan suhu tak lebih dari 27 derajat celcius akan membuat kelinci kawin dengan mudah.

Mengawinkan Kelinci

Setelah semua hal-hal pendukung siap, kelinci sudah bisa untuk dikawinkan. Cara mengawinkan kelinci dimulai dengan membawa kelinci betina ke kandang atau tempat kelinci jantan.

Jangan lakukan hal sebaliknya sebab kelinci jantan akan lebih aktif kawin di area yang dianggap berada dalam kekuasaannya.

Saat disatukan, kelinci betina dan jantan biasanya akan saling mengejar. Jangan cemas, sebab hal tersebut lazim bagi kelinci. Setelah beberapa waktu, kelinci jantan akan menunggangi kelinci betina. Tanda penetrasi sedang berlangsung adalah saat kelinci betina mengangkat ekor.

Beberapa Kendala

Meski cara mengawinkan kelinci memang mudah, namun dalam kondisi tertentu, perkawinan sulit terjadi karena salah satu kelinci menolak.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal. Pertama, bisa saja sang betina sedang mengandung. Pada kondisi tersebut, ia akan menolak untuk dikawinkan.

Solusinya, ganti dengan betina lain dan pastikan penggantinya tidak hamil. Hal lain yang sering terjadi adalah kurangnya masa pendekatan. Sebelum menyatukan betina dan jantan dalam satu tempat, pastikan Anda telah mendekatkan kandangnya selama beberapa waktu. Jika tidak, biasanya mereka akan menolak untuk kawin.

Solusinya, adalah dekatkan kembali dalam kandang berbeda sampai terlihat ada ketertarikan. Jika dalam jangka waktu seminggu belum terbangun hubungan emosional antara kelinci, sebaiknya Anda mengganti pasangan tersebut dengan kelinci lain.

0 komentar