Jenis jenis Kelinci Yang Wajib Anda Tahu

Watnyus.com - Kelinci adalah hewan yang mempunyai telinga panjang dan perlu anda ketahui ternyata hewan ini banyak jenisnya loh, dan pastinya anda penggemar kelinci harus tau apa saja sih jenis jenis kelinci yang biasa orang indonesia itu perilahara, maka dari itu watnyus.com akan memberikannya untuk anda.

Kelinci LOP

Jenis jenis Kelinci Yang Wajib Anda Tahu
Sumber image : ilmuternak.com

Kelinci masuk ke dalam golongan hewan mamalia. Dalam ilmu biologi, kelinci digolongkan ke dalam kelompok famili Leporidae. Kata “kelinci” berasal dari kata konijntje dari bahasa Belanda. Kelinci memang telah lama dikenal di Indonesia. Bahkan ada salah satu kelinci spesies asli dari Sumatera yang kabarnya ditemukan pada tahun 1972. Selain kelinci asli Sumatera, dunia juga mengenal ada banyak jenis-jenis kelinci lainnya.

Kelinci Liar Dan Peliharaan

Kelinci Liar

Jika didasarkan pada habitatnya, secara umum kelinci bisa dibagi ke dalam dua jenis yakni kelinci bebas dan kelinci peliharaan. Kelinci bebas ini kemudian dibagi lagi ke dalam dua kategori yakni tarwelu atau Lepus Curpaeums serta kelinci liar atau Orycolagus Cuniculus. Pembagian ini tidak spesifik melainkan hanya membagi berdasarkan lingkungan tempat kelinci hidup. Kelinci juga dibedakan berdasarkan tampilan bulu serta ras.

Berdasar pada rasnya, kelinci dibagi ke dalam 72 jenis yang persebarannya mencakup Eropa, Asia, Afrika dan penjuru dunia lainnya. Namun secara umum, jenis-jenis kelinci yang sedang digemari di dunia antara lain kelinci anggora, kelinci lop, Flemish Giant, Kelinci Rex, kelinci dutch, kelinci lion, kelinci English spot, kelinci Himalaya atau biasa juga dikenal dengan nama kelinci rusia dan terakhir adalah kelinci  satin.

Dari Anggora Ke Satin

Jenis jenis Kelinci Yang Wajib Anda Tahu
Sumber image : petanisukses.com
Kelinci Anggora berasal dari Ankara. Persebarannya dimulai di Perancis pada tahun 1700-an. Dari Perancis, demam anggora perlahan menjangkiti Negara lain di Eropa seperti Inggris juga Jerman.

Ciri khas anggora ada pada bulunya yang lebat dan halus. Berat maksimal anggora bisa mencapai 2 sampai 4 kilogram di usia dewasa. Anggora masih dibagi lagi ke dalam beberapa jenis antara lain anggora perancis, anggora giant dan lain-lain.

Jenis lainnya adalah kelinci lop. Jika kelinci lain memiliki telinga yang tegak, maka tidak pada lop. Telinganya tampak menggantung. Bulu lop normal seperti kelinci pada umumnya.

Pendek dan lebat. Lop banyak dipelihara sebab sekilas mirip anjing rumahan. Kelinci lainnya adalah jenis rex. Dengan bulu layaknya kain beludru, rex memang tampak sangat menawan. Sayangnya, karena bulu yang unik ini pulalah sehingga rex banyak digunakan sebagai bahan baku jaket juga aksesoris.

Kelinci lain yang mungkin membuat Anda jatuh cinta adalah jenis Dutch. Kelinci ini cukup mudah dikenali sebab memiliki pola khas pada bulu sepanjang kulitnya. Pada umumnya, pola tersebut merupakan perpaduan warna hitam dan putih.

Kelinci Dutch berukuran mini dengan berat maksimal 2 kilogram. Lain lagi dengan jenis kelinci English Spot, kulitnya dipenuhi totol-totol dan terlihat memiliki garis hitam di sepanjang punggung. English Spot memiliki bulu sedang dengan warna dasar putih.

Kelinci lain yang banyak dipelihara adalah kelinci Himalaya atau rusia. Kelinci ini memiliki warba bulu dasar putih namun moncong, kedua telinga, hidung, dan ekornya berwarna hitam. Jenis ini memiliki pola aktif pada malam hari dan tidur pada siang hari.

Kelinci lain adalah jenis Lion. Bulunya hampir sama seperti pada anggora. Hanya saja, jika pada anggora tumbuh memanjang sepanjang tubuh, bulu lion memanjang hanya pada daerah leher dan wajah. Jenis terakhir yang banyak digilai pencinta binatang adalah kelinci Satin. Kelinci ini berasal dari Amerika Serikat. Bobot maksimalnya mencapai  5 kilogram.

Kelinci Pedaging

Jenis jenis Kelinci Yang Wajib Anda Tahu
Sumber image : kelincipedia.com

Selain jenis-jenis kelinci yang disebutkan di atas, masih banyak jenis kelinci lainnya. Salah satunya adalah kelinci bernama Flemish Giant. Sama seperti namanya, kelinci ini memiliki ukuran tubuh raksasa untuk ukuran kelinci normal. Berat badannya bahkan bisa mencapai 13 kilogram. Karena ukurannya yang besar, jenis Flemish Giant biasanya diternakkan sebagai kelinci pendaging.

0 komentar