Peluang Usaha Kelinci Pedaging Yang Menguntungkan

Kelinci merupakan hewan mamalia yang banyak dijadikan binatang peliharaan. Tipikal yang jinak serta tampilannya yang menarik membuat anak-anak dan orang dewasa begitu menyukainya.

Tapi tahukah Anda, kelinci saat ini tak hanya populer sebagai binatang hias tetapi juga sebagai pendaging? Kabarnya, daging kelinci bertekstur lembut, nikmat dan sehat sebab rendah lemak juga kolesterol jika dibandingkan dengan jenis daging lainnya.

Peluang Usaha Kelinci Pedaging Yang Menguntungkan


Hal inilah yang membuat banyak konsumen jatuh cinta. Jika Anda sedang mencari ide untuk berbisnis, kelinci pedaging mungkin tepat untuk Anda seriusi.

Tidak semua jenis kelinci bisa dijadikan kelinci pedaging. Umumnya, peternak menggunakan kelinci yang memang memiliki ukuran badan besar serta kecenderungan tumbuh yang lebih baik.

Pilihan tepat untuk usaha kelinci pedaging adalah dari jenis kelinci Flemish Giant dan Kelinci New Zeland atau yang biasa juga dikenal dengan nama Trawelu Australia. Ukuran kedua kelinci ini memang bisa mencapai 13 kilogram.

Langkah Pemeliharaan

Persiapan kandang adalah langkah awal yang dilakukan jika ingin menggeluti bisnis ternak kelinci pedaging. Sebenarnya, perawatan kelinci pedaging tidak memiliki perbedaan spesifik dengan pemeliharaan jenis kelinci lainnya.

Hanya saja, menternakkan kelinci dengan sistem pengandangan jauh lebih efisien ketimbang diliarkan. Dalam hal ini, Anda perlu menyiapkan dua jenis kandang. Pertama, kandang baterai yang ditujukan untuk sang induk. Kedua, kandang koloni sebagai tempat untuk anak kelinci yang telah lepas sapih.

Pakan Kelinci Pedaging

Pada kelinci hias, pemilihan pakan didasarkan pada jenis tertentu untuk mengoptimalkan kualitas bulu. Lain halnya dengan kelinci pedaging, pemilihan pakan lebih ditekankan pada  pertumbuhan daging yang berkualitas.

Baca Juga : 5 jenis penyakit kelinci

Pakan utama untuk kelinci pedaging adalah rerumputan. Sebagai selingan, peternak bisa memberikan sayur-sayuran, ampas tahu, atau pelet kelinci. Pemberian pakan minimal dua kali dalam sehari, pagi dan sore. Kangkung sebaiknya tidak diberikan pada kelinci pedaging. Sedangkan wortel masih boleh tapi tak lebih  dari tiga kali dalam seminggu.

Kesehatan Kelinci Pendaging

Oleh sebab kelinci pedaging dipelihara untuk tujuan bisnis, maka kelinci harus sehat untuk menghalau resiko kerugian. Kelinci sendiri merupakan binatang dengan gejala hemophilia dimana darah susah untuk membeku terutama setelah terjadi luka.

Karenanya, penyakit remeh seperti kudis, luka kecil, serta jamur bisa membuat kelinci mati. Selain penyakit, hal lain yang bisa merugikan adalah gangguan pertumbuhan pada kelinci dan juga sifat kanibalisme.

Semua hal yang disebutkan tadi sesungguhnya bukan halangan melainkan sebuah tantangan. Dengan memberikan perhatian ekstra, terutama soal kebersihan, maka kelinci pedaging akan selamat sampai masa panen tiba.

Kalkulasi Keuntungan

Usaha ternak kelinci pedaging cukup menjanjikan. Perhitungan sederhananya adalah satu indukan mampu menjadi biang 15 sampai 20 ekor kelinci dalam setahun.

Kelinci sendiri mampu melahirkan sebanyak 3 kali dalam setahun. Bakat produktif kelinci ini cukup menguntungkan. Terlebih  harga daging kelinci jauh lebih mahal ketimbang daging ayam. Sukses dengan kelinci pedaging menanti Anda. Selamat berusaha!

0 komentar