Penyebab Haid Tidak Lancar atau Tersendat

Bagi setiap wanita dewasa yang ada di seluruh dunia, pastinya selalu memiliki tamu bulanan tersendiri yakni apalagi kalau bukan haid. Siklus alami yang datang setiap bulannya ini memiliki fungsi untuk membuang darah yang tidak dibuahi dan tentu saja setiap bulannya wanita yang sudah memasuki masa pubertas, pastinya akan mengalami siklus alamiah tersebut, namun perbedaanya hanya terletak pada haid yang lancar dan juga ada haid yang tidak lancar. Nah, kalaupun anda adalah termasuk wanita yang mengalami haidnya yang tidak lancar setiap bulannya, maka mungkin itu bisa saja disebabkan oleh gangguan kesehatan lainnya yang bisa menyebabkan perut kram atau kesakitan. Untuk info lebih lengkapnya. 

Penyebab Haid Tidak Lancar atau Tersendat

Lalu pertanyaannya sekarang apa sajakah faktor penyebab dari haid tersendat ini sendiri, berikut penjelasannya.

Stress berlebih

Jangan pernah menyepelekan faktor stress yang biasa melanda anda, karena faktor stress ini ternyata bisa menyebabkan siklus menstruasi seorang wanita bisa  menjadi terganggu. Stress ini dapat mempengaruhi produksi dari hormon estrogen menjadi tidak seimbang dan nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran mensturasi.

Diet yang tidak sehat

Diet yang dilakukan secara berlebihan dan tidak sehat, tentu saja bisa menyebabkan anda kekurangan akan kandungan nutrisi dalam jumlah yang banyak. Dan dari kekurangan kandungan nutrisi inilah yang dapat mengakibatkan kemampuan tubuh anda seakan menjadi lemah, terutama saat menghadapi siklus menstruasi atau haid.

Kebiasaan minum alcohol

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa dengan terlalu banyak mengkonsumsi alcohol secara berlebihan, tentunya bisa merusak kesehatan. Pun demikian bagi wanita yang sedang mengalami masa menstruasi, tentunya dengan konsumsi alcohol berlebih ini, bisa saja mempengaruhi proses kelancarannya. Sejatinya wanita selalu memerlukan hormon estrogen yang cukup bagi tubuhnya, agar siklus mesntruasinya lancar, namun dengan mengkonsumsi alcohol tentunya akan mempengaruhi hormon estrogennya.

Kelebihan maupun kekurangan hormon estrogen ini, pada dasarnya memiliki masalah yang berarti bagi tubuh, maka dari itu usahakan agar hormon etrogen di dalam tubuh harus dalam porsi yang cukup.

Jadi dengan melihat ulasan diatas, sudah saatnya anda mengatur pola hidup sehat dari sekarang. Dapatkan informasi menarik lainnya seputar masalah haid dan permasalahan kesehatan lainnya di situs website atau aplikasi kesehatan guesehat.com. Disana tersedia banyak sekali info mengenai kesehatan dengan sangat lengkap dan beragam. Kunjungi sekarang juga !

0 komentar