Tips Liburan Hemat ke Lombok, Nggak Bikin Isi Kantongmu Amblas!

Pesona Lombok memang tiada duanya. Hamparan pasir pantainya yang putih dan berkilau sungguh memikat mata. Ditambah lagi, banyak pantai di Lombok yang masih jarang didatangi oleh wisatawan. Kamu pun bisa benar-benar menikmati panorama alam pulau di Nusa Tenggara Barat ini secara utuh, tanpa perlu khawatir berdesak-desakan dengan banyak orang.

Tips Liburan Hemat ke Lombok, Nggak Bikin Isi Kantongmu Amblas!
(sumber : uzone.id)

Jadi, apakah kamu sudah pernah pergi ke Lombok? Atau jangan-jangan, kamu belum pernah ke pulau cantik ini karena takut isi kantongmu amblas gara-gara kalap saat liburan? Tenang, kamu bisa mengikuti beberapa tips ini. Dijamin, perjalananmu akan tetap nyaman, baik itu di hati maupun di kantong!

1. Memasang sebuah aplikasi traveling yang tepercaya

Sebagai seorang traveler zaman now, manfaatkan gawaimu semaksimal mungkin. Coba unduh dan pasang aplikasi traveling yang dapat memandu perjalananmu dengan baik. Seperti misalnya, kamu bisa mengunduh aplikasi Airy di App Store atau Google Play Store. Aplikasi tepercaya ini akan memberi kamu rekomendasi hotel di Lombok dengan bujet terjangkau. Bukan cuma itu, lho! Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Airy untuk mencari informasi seputar penginapan murah di Bali atau destinasi populer lainnya di seluruh Indonesia. Gimana? Nggak ribet, kan?

2. Menjelajahi destinasi yang lokasinya berdekatan

Untuk menghemat biaya, sebaiknya kunjungi beberapa destinasi yang lokasinya saling berdekatan. Misalnya saja ketika kamu pergi ke Pantai Kuta, terdapat pantai-pantai lain seperti Tanjung Aan, Pantai Seger, atau Bukit Merese, yang bisa dijadikan tujuan selanjutnya. Dengan demikian, anggaran transportasimu akan jadi lebih hemat dan yang pasti, waktumu tidak habis di jalan. Ini juga baik untuk stamina fisikmu. Karena semakin jauh jarak yang kamu tempuh, maka semakin besar kemungkinan fisikmu akan menjadi cepat lelah.

3. Menyantap masakan lokal Lombok 

Coba sesuaikan selera lidahmu dengan masakan lokal Lombok. Ini akan lebih mudah bila kamu termasuk orang yang tidak pilih-pilih makanan. Karena tak bisa sangkal, cara ini sangat efektif dalam menghemat bujet makan. Namun bila tidak demikian, ya sebisa mungkin carilah menu yang cocok dengan selera lidahmu. Tetapi ingat, kamu tetap harus memperhatikan kebugaran tubuh selama bepergian.

Artinya, jangan karena ingin menghemat anggaran makan, kamu kemudian memotong jatah makanmu dalam sehari. Umumnya, harga satu bungkus nasi berisi lauk ayam berkisar antara Rp 7.000 sampai Rp 10.000. Menu semacam ini mudah dijumpai di warung kaki lima atau tempat makan sederhana.


4. Menyewa sepeda motor selama berwisata di Lombok

Karena pariwisata di Lombok terus tumbuh, kini kamu bisa menemukan banyak rental sepeda motor. Tentu saja, moda transportasi ini lebih hemat di kantong serta handal dalam menjangkau berbagai medan di Lombok. Harga sewa sepeda motor di Lombok rata-rata dibanderol Rp 75.000 per 24 jam. Jenis motor yang ditawarkan kebanyakan adalah matic. Namun, bukan tidak mungkin kamu juga bisa menemukan motor manual.

5. Menginap di hotel murah

Inti dari perjalananmu adalah mengeksplorasi keindahan alam Lombok. Iya, kan? Sudah pasti waktumu akan lebih banyak dihabiskan untuk menyusuri destinasi-destinasi di pulau seluas 4.514 kilometer persegi ini. Kamu tentu hanya menggunakan akomodasi hotel untuk tidur, mandi, dan menitipkan barang, bukan? Karena itu, sebaiknya kamu cari penginapan dengan harga miring saja. Biasanya, para pelancong menginap di kawasan Gili Trawangan, Pantai Senggigi, atau pusat Kota Mataram. Tetapi untuk lebih mudahnya, gunakan aplikasi traveling saat mencari rekomendasi penginapan murah dengan fasilitas memadai.

Ayo segera rencanakan liburan serumu ke Lombok! Namun, tetap atur dahulu rencana liburanmu secara matang, ya. Dengan begitu, perjalanan tersebut akan terasa lebih nyaman dan berkesan.

0 komentar