Konon Serupa, Tapi Nyatanya Jelas Berbeda: Perbandingan Kawasaki Z250 dengan Ninja 250

Dengan mempertimbangkan desain dan konsep Kawasaki Z250 yang merupakan versi naked alias telanjangnya Ninja 250, banyak masyarakat yang masih beranggapan bahwa keduanya seolah hanya berbeda nama saja. Padahal, hal tersebut tidaklah benar.

Kawasaki Z250

Walaupun Kawasaki Z250 dan Ninja 250 memiliki teknologi dan mesin yang serupa, keduanya pada dasarnya berasal dari “keluarga” yang berbeda. Sebagai bagian dari keluarga Z, hal ini berarti bahwa Kawasaki Z250 merupakan bagian dari serial motor keluaran Kawasaki yang memiliki mesin dengan cc berukuran besar. Dengan demikian, bisa dibilang kalau Z250 dan Ninja 250 bukanlah saudara kembar, melainkan saudara sepupu.

Bagaimana soal spesifikasi? Keduanya serupa dalam aspek yang satu ini. Mulai dari pemilihan mesin parallel twin DOHC, penggunaan sistem pengabutan injeksi, rasio kompresi sebesar 11,3:1, sampai transmisi 6-percepatan, semuanya mirip.

Dan hal ini berarti bahwa kedua jenis kendaraan keluaran Kawasaki ini memiliki performa yang sama, dengan output tenaga sebesar 32 PM pada perputaran mesin 11.000 rpm serta torsi sebesar 21 Nm pada perputaran mesin 10.000 rpm. Kemiripan pun dapat ditemukan pada suspensi serta kaki-kaki, baik itu pada roda depan maupun roda belakang kendaraan.

Walaupun Kawasaki Z250 dipandang sebagai versi naked-nya Ninja 250, penampilan keduanya memiliki perbedaan yang sebenarnya dapat dikenali dengan mudah.

Hal ini dikarenakan tampilan Kawasaki Z250 yang tak lagi menggunakan fairing, lantaran keberadaannya sebagai bagian dari keluarga Kawasaki Z yang pada dasarnya merupakan kandangnya street fighter produsen motor dari Jepang ini.

Dan hal ini berarti bahwa Z250 memiliki penutup mesin dalam jumlah sedikit yang berupa shroud atau semacam bahu yang dipanjangkan sampai ke bawah.

Karena itulah mengapa Kawasaki Z250 sering disebut sebagai sepeda motor yang setengah telanjang. Dan desain dari penutup mesin tersebut, apabila diamati, memiliki wujud dengan bentuk seperti huruf Z yang membentang mulai atas sampai ke bawah. Dengan demikian, desain tangki kendaraan untuk Z250 pun dijamin berbeda, yang artinya punya bentuk yang lebih lebar karena mengikuti garis bahu shroud tersebut.

Perbedaan lain pun dapat disimak dari desain dan spesifikasi lampu depan pada Kawasaki Z250, yang jauh lebih menyerupai desain lampu depan Z1000 maupun Z800 dengan “mata” yang tajam. Desain lampu depan tersebut pun dilengkapi dengan tameng angin yang sukses membuat Z250 nampak makin galak.

Selebihnya, dari desain lampu belakang, knalpot, spakbor, sampai bagian samping hingga ke belakang, semuanya serupa dengan desain pada Ninja 250.

Kemudian, karena didesain sebagai petarung jalanan, Kawasaki Z250 pun didesain untuk menawarkan kenyamanan maksimal pada posisi duduk pengendara.

Sebab motor ini memang ditujukan bagi para pengendara yang banyak melakukan touring dan bukan hanya menggunakan kendaraan di dalam kota. Desain tempat duduk ini memiliki pijakan kaki yang sedikit maju agar postur tubuh saat berkendara pun jadi lebih tegak.

0 komentar