Daftar Aplikasi Sedekah Online Terbaik

Teknologi yang semakin canggih membuat berbagai macam aktivitas manusia dilakukan secara online. Tak terkecuali urusan ibadah seperti sedekah. Saat ini untuk melakukan sedekah tidak perlu datang langsung ke tempatnya namun bisa dilakukan di rumah dengan cara sedekah online melalui aplikasi.

Daftar Aplikasi Sedekah Online Terbaik

Nah, di bawah ini adalah beberapa aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk sedekah online dan wakaf online.

Go-Tix dari GO-JEK

Go-Tix mungkin selama ini sering Anda gunakan sebagai aplikasi pembelian tiket bioskop. Akan tetapi melalui aplikasi gGo-Tix ini Anda bisa melakukan sedekah online. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan membuka menu Go-Tix Kemudian pilih di bagian Ramadhan Donasi. Anda bisa memilih salah satu dari 4 lembaga penyalur donasi yakni Baznas, Rumah Zakat, WeChat.id serta Perbaikan Gizi Anak Negeri UNICEF.

Zakat Mobile

Salah satu lembaga sedekah yang ada di Indonesia yaitu Rumah Zakat telah menghadirkan aplikasi yaitu Zakat Mobile. Aplikasi tersebut bisa membantu Anda untuk bersedekah secara online mau pun bisa untuk menghitung jumlah kira-kira nominal zakat yang wajib untuk Anda keluarkan.

Dengan adanya menu untuk menghitung nominal tersebut, maka akan memudahkan Anda sehingga tidak perlu repot-repot menghitung secara manual dengan berdasarkan Syariah. Anda hanya tinggal klik fitur penghitungan ini dan Anda sudah bisa langsung menembak antara benalu yang akan Anda sedekahkan.

Bazis

Saat ini sudah ada aplikasi dari Badan Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh yaitu Bazis. Namun layanan Bazis ini hanya dibuat secara khusus untuk warga di Jakarta. Hal tersebut dikarenakan basis dari lembaga ini memang ada di Jakarta. Lalu mengapa hanya Jakarta? Itu dikarenakan selain kepemilikan Indonesia, Jakarta juga salah satu kota yang populasinya paling padat.

Bahkan yang lebih menarik bahwa Kota Jakarta ini menjadi salah satu kota yang elit dengan rata-rata kaum elit kelas menengah ke atas. Apakah yang menjadikan Jakarta menjadi tempat yang dipilih yang paling tepat sebagai Kota target untuk zakat. Maka Apabila Anda tinggal di luar kota Jakarta, maka Anda masih belum bisa menggunakan aplikasi Bazis ini untuk sedekah online.

Bukalapak

Bukan hanya Gojek dan Go-Tix saja yang menyediakan layanan untuk bersedekah secara online, akan tetapi Bukalapak sebagai aplikasi marketplace punya layanan sedekah online juga. Dengan menggunakan fitur BukaZakat, maka Anda sudah bisa melakukan sedekah online untuk orang yang membutuhkan.

Terdapat beberapa lembaga yang bisa Anda pilih untuk melakukan donasi seperti NuCare Lazisnu, Dompet Dhuafa, ACT, Baznas serta Rumah Yatim. Misalnya jika Anda sudah bisa melakukan sedekah dengan melalui NuCare Lazisnu atau melalui , maka tak perlu lagi Anda memilih perusahaan penyalur zakat yang lainnya.

Kebebasan semacam itulah yang menjadikan platform Bukalapak menjadi salah satu marketplace yang paling unggul di Indonesia dari lainnya. Dengan demikian Ketika Anda berbelanja online di Bukalapak dan sekalian ingin bersedekah, maka hanya dengan satu aplikasi Bukalapak ini Anda bisa melakukan keduanya.

Zakat.or.id

Dompet Dhuafa juga telah mengeluarkan pelayanan zakat berbasis online yaitu zakat.or.id yang bisa Anda pilih untuk melakukan sedekah online kapan saja dan di mana saja. Menggunakan aplikasi zakat.or.id ini bukan hanya digunakan untuk menunaikan zakat saja namun bisa untuk sedekah, wakaf dan juga bantuan lainnya.

Sedangkan metode pembayarannya yang disediakan oleh aplikasi zakat.or.id ini sangat beragam yaitu mulai dari kartu kredit, internet banking Bank Muamalat, Mandiri e-cash dan lain sebagainya. Bahkan yang lebih menarik dari zakat.or.id yaitu telah menyediakan juga bantuan zakat dengan bentuk berupa buku elektronik. Dengan demikian hal tersebut bisa menjadi langkah yang paling tepat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang dunia perzakatan.

Selain itu, platform zakat.or.id ini juga telah menyediakan layanan untuk berkonsultasi dengan gratis yang akan dipandu langsung para pakar zakat yaitu dalam hal ini seorang Ustadz. Dengan demikian, jika Anda merasa bingung terkait dengan zakat maupun sedekah bisa langsung menanyakan secara langsung melalui zakat.or.id. Mulai dari perhitungan zakat sampai dengan masalah lainnya yang punya kaitan erat dengan keuangan di dalam agama Islam.

Nah, selamat untuk bersedekah dan pilihlah aplikasi yang ingin Anda gunakan dan paling cocok untuk sedekah online. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

0 komentar