Hukum Sedekah Online dalam Islam

Saat ini setiap orang selalu mencari cara yang mudah dalam melakukan berbagai kegiatan dan pekerjaan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi memiliki pengaruh besar dalam kehidupan manusia. Bahkan saat ini setiap pembayaran atau pengelolaan dapat menggunakan teknologi. Salah satunya adalah dengan bersedekah secara online. Pembahasan yang sering dikeluarkan adalah hukum sedekah online dalam Islam.

Hukum Sedekah Online dalam Islam

Kemajuan teknologi akan positif apabila didukung dengan kemajuan sumber daya manusia. Contohnya, berbekal dengan teknologi, orang mampu menciptakan dan membuat suatu platform yang mampu mempermudah kehidupan dan juga pekerjaan manusia.

Tentu saja sedekah memiliki unsur yang berbeda dengan zakat online. Jika zakat harus memenuhi aturan tertentu, sedangkan sedekah tidak memiliki aturan tertentu berkaitan dengan jumlah harta yang harus dikeluarkan. Agar lebih mamahami, berikut ini merupakan beberapa hal terkait dengan sedekah serta hukum sedekah online dalam Islam.

Definisi dari Sedekah

Apabila berhubungan dengan pengertian dan definisi terkait dengan sedekah, maka terdapat berbagai pengertian yang bisa digunakan. Salah satunya adalah pengertian sedekah yang didasarkan pada KBBI. Apabila dalam KBBI, memuat suatu penjelasan bahwa sedekah merupakan suatu kegiatan berupa melakukan pemberian yang ditujukan pada fakir miskin. Sedekah tentu saja hukumnya tidak wajib seperti zakat.

Namun, dengan mengelaurkan sedekah, maka akan membantu sesama dalam mengurangi beban kehidupan yang dinilai berat. Sedekah yang baik apabila didasari oleh perasaan yang ikhlas dan murni mencari ridho dari Allah Swt. Sedekah bisa juga dinamakan sebagai donasi.

Macam-macam Sedekah

Sebenarnya pemberian dapat dilakukan dengan berbagai cara dan berbagai objek. Sama halnya dengan sedekah ini. Sedekah bisa menggunakan bahan makanan, harta dan masih banyak lagi. berikut ini merupakan macam-macam sedekah yang bisa dilakukan.

1.     Sedekah dengan kalimat Tasbih, Tahlil, dan Tahmid

Sedekah bukan hanya dengan menggunakan harta. Anda dapat bersedekah pada diri sendiri melalui ucapak kalimat-kalimat suci. Seperti betasbih, tahlil, dan juga Tahmid. Sedekan yang satu ini sangat baik. Bahkan juga sudah dijelaskan dalam hadis Raasulullah yang diriwayarkan oleh Aisyah.

2.     Sedekah dengan cara bekerja dan memberi nafkah

Pemberian dalam sedekah bukan hanya berupa harta atau barang yang diberikan pada orang lain. Apabila Anda seorang kepala keluarga, kemudian bekerja keras dan berusaha untuk menghidupi anak istri, maka hal tersebut sudah termasuk ke dalam ber sedekah. Dengan demikian, seorang kepala keluarga sudah bisa dibilang bersedekah pada keluarganya sendiri.

3.     Sedekah dengan cara memberikan sebagian harta

Sedekah juga bisa dilakukan dengan cara memberikan sebagian harta pada orang yang lebih membutuhkan. Dengan demikian, Anda bisa membantu dalam meringankan beban hidup mereka. Terkait dengan jumlah banyaknya harta yang disedekahkan, maka tidak ada aturan. Anda juga bisa memberikan sumbangan pada pembangunan lembaga pendidikan dan masih banyak lagi.

Manfaat Sedekah

Setiap sedekah yang dikeluarkan tentu saja memiliki manfaat dan keutamaan. Sehingga setiap orang yang mengeluarkan harta untuk di sedekahkan, akan mendapatkan banyak keutamaan. Berikut ini merupakan beberapa hal berkaitan dengan menfaat serta keutamaan dari bersedekah.

1.     Mendapatkan naungan di hari kiamat

Seseorang yang dengan suka rela dan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan dalam membantu orang lain, maka akan mendapatkan balasan yang steimpal dari Allah. Salah satunya adalah sedekah yang dikeluarkan dapat memberikan suatu naungan dan juga perlindungan di hari dimana setiap orang tidak akan mendapatkan perlindungan kecuali dengan amal shaleh yang dilakukan semasa orang tersebut hidup di dunia.

2.     Dapat berguna sebagai penyembuh

Jalan sedekah merupakan jalan yang ampuh sebagai obat. Misalkan Anda memiliki keragu-raguan sehingga sering membuat psikologis terganggu. Bisa juga orang yang memiliki sakit yang sulit untuk disembuhkan. Maka salah stau bentik ikhtiar yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan sedekah pada orang yang membutuhkan. Hal tersebut bisa menjadi obat yang mujarab untuk berbagai jenis penyakit.

3.     Memiliki pahala yang berlipat ganda

Terkait dengan keutamaan sedekah yang satu ini, biasanya setiap orang sudah mengetahuinya. Orang yang mengeluarkan harta dan melakukan pemberian kepada orang yang membutuhkan. Bahkan juga memberikan kemudahan dalam mencari rezeki serta membuka jalan rezeki.

4.     Sedekah memiloiki keutamaan dalam menghapus kesalahan

Salah satu bentuk taubat adalah dengan bersedekah. Sedekah yang dilakukan bisa berguna dan bisa mengurani dosa dan menghapuskan kesalahan. Maka dari itu, apabila Anda merasa memiliki dosa yang banyak, maka bisa berupaya untuk menguranginya dengan melakukan sedekah. Tentu saja harus dengan cara yang ikhlas dan tanpa pamrih.

5.     Dapat membersihkan harta dan juga melakukan penyucian harta

Anda pastinya tahu bahwa setiap harta yang diterima atau rezeki yang diterima, pasti terdapat kemungkinan sebagian harta tersebut adalah milik orang lain yang lebih membutuhkan. Dengan demikian, apabila Anda melakukan sedekah, maka hal itu, merupakan cara unuk melakukan pembersihan dan penyucian pada harta yang dimiliki.

6.     Merupakan suatu tanda dari ketakwaan

Takwa merupakan menjauhi larangan dan menjalankan perintah yang diberikan oleh Allah. salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan ketakwaan seseroang adalah dengan melakukan sedekah pada orang yang membutuhkan. Dengan demikian, apabila sedekah yang dilakukan murni dan ikhlas karena Allah, maka sudah pasti dapat meningkatkan tingkat ketakwaan yang dimiliki oleh seseorang.

7.     Dapat menjadi perisai dari api neraka

Keutamaan yang dapat dimiliki oleh seseorang yang melakukan sedekah adalah dapat terlndungi dari api neraka. Hal tersebut dikarenakan dengan bersedekah, maka orang tersebut akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Sekaligus dapat menghapuskan diri dari berbagai kesalahan. Tentu saja apabila sedekah dilakukan dengan ikhlas karena Allah Swt.

8.     Sedekah dapat digunakan sebagai pelindung di padang mahsyar

Setiap orang pastinya akan selalu mempersiapkan bekal untuk kelak kehidupan dikahirat. Salah satunya adalah dengan melakukan sedekah ikhlas karena Allah. Maka kelak apabila berada di padang mahsyar, maka orang tersebut akan terlindungi.

Hukum Mengeluarkan Sedekah Online dalam Islam

Hukum sedekah online dalam Islam adalah diperbolehkan dan sah. Pada intinya, dengan menggunakan sistem online, bukan hanya mempermudah orang dalam mengeluarkan sedekah, namun, juga membuat orang tertarik untuk bersedekah. Karena mudah, maka akan semakin banyak orang yang melakukan sedekah.

Anda bisa menggunakan platform tertentu dan memiliki jenis barang yang akan disedekahkan. Apabila sedekah yang diberikan dalam jumlah uang, maka bisa memberikan nominal yang akan dikeluarkan. Setiap platform sedekah online memiliki bentuk pelayanan yang berbeda. Namun, dari setiap platform memiliki tujuan yaitu mempermudah setiap orang untuk melakukan pembayarann sedekah secara online.

Memang banyak sekali perbincangan berkaitan dengan dengan hukum sedekah online dalam Islam. Setiap orang dapat dengan menggunakan berbagai platform teknologi untuk melakukan sedekah secara online. Selain itu, juga bisa melakukan sedekah dalam bentuk apa saja.

0 komentar