5 Tips Aman dan Nyaman Naik Kereta Selama New Normal, Apa Saja?

Apakah Sahabat sudah mendapatkan tiket kereta api jarak jauh yang dibutuhkan, misalnya tiket kereta Jakarta Surabaya? Kalau iya, sekarang Sahabat harus melakukan persiapan ekstra sebelum hari keberangkatan, lho! Soalnya, pada masa New Normal saat ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah merilis persyaratan penting, termasuk untuk perjalanan naik kereta. Apa saja, ya?

5 Tips Aman dan Nyaman Naik Kereta Selama New Normal, Apa Saja?

1.  Tunjukkan surat hasil tes.

Salah satu persyaratan penting bagi calon penumpang kereta api jarak jauh adalah menunjukkan hasil tes swab (tes PCR) dengan hasil negatif, yang berlaku selama 7 hari. Alternatifnya, Sahabat bisa tunjukkan laporan rapid test yang menunjukkan hasil non-reaktif dan berlaku selama 3 hari. 

Jadi, sesuaikan tanggal tes dengan tanggal keberangkatan agar hasil tes masih lolos, ya!

Sedangkan jika di daerah asal Sahabat tidak ada fasilitas kesehatan yang melayani tes swab dan/atau rapid test, Sahabat tak perlu cemas. Cukup tunjukkan surat keterangan dari RS atau puskesmas setempat yang menyatakan bahwa Sahabat bebas gejala penyakit seperti influenza.

2. Tunjukkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Surat Izin Keluar Masuk atau SIKM ini diwajibkan kalau Sahabat akan melakukan perjalanan dari atau menuju DKI Jakarta. Artinya, kalau Sahabat membeli tiket kereta Jakarta Surabaya, artinya Sahabat harus memiliki dan menunjukkan SIKM di stasiun.

Untuk mendapatkan SIKM, Sahabat bisa dapatkan info lengkapnya di situs resmi Pusat Corona Jakarta di corona.jakarta.go.id.

3.  Download aplikasi Peduli Lindungi.

Selain melengkapi kedua dokumen yang disyaratkan di atas, Sahabat juga diharuskan untuk men-download aplikasi Peduli Lindungi di smartphone maupun tablet yang digunakan. 

Kemudian, aktifkan aplikasi tersebut sesuai dengan aturan dalam Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang terbit 6 Juni 2020. Lewat aplikasi tersebut, Sahabat bisa dapatkan informasi soal status zona atau daerah yang dituju berdasarkan panduan warna yang telah ditentukan: hijau, kuning, oranye, atau merah.

4. Pakai masker, face shield, dan baju lengan panjang.

Soal masker, Sahabat tentu sudah tahu kan kalau penggunaannya adalah wajib di mana pun Sahabat berada selama ada di luar rumah? Nah, stasiun dan gerbong kereta pun bukan pengecualian, lho. 

Artinya, Sahabat tetap diwajibkan untuk mengenakan masker saat memasuki stasiun, berada di kawasan stasiun, maupun selama di dalam gerbong.

Di samping masker, Sahabat juga diharuskan untuk menggunakan face shield alias pelindung muka yang sudah disediakan oleh petugas KAI secara gratis bagi semua penumpang untuk perlindungan ekstra. 

Bukan hanya itu saja, Sahabat juga sangat dianjurkan untuk mengenakan baju lengan panjang, termasuk sweater atau jaket. Tujuannya adalah agar risiko Sobat terkena cipratan droplet orang lain jadi lebih kecil.

5. Cek kondisi tubuh dan jaga kebersihan.

Menjaga kesehatan tubuh jelas sebuah keharusan, terutama selama masa pandemi ini. Dan hal ini pun merupakan syarat untuk bisa naik kereta, lho! Sebab, suhu tubuh Sahabat harus di bawah 37,3 derajat Celcius dan bebas gejala penyakit seperti flu, demam, batuk, dan pilek. 

0 komentar