9 Tips Merawat Motor Matic Agar Performa Tetap Prima

Bagi sebagian orang motor bukanlah segalanya 😀 tapi tak jarang juga yang gemar otak-atik motor agar tetap mempunyai performa yang tetap prima meskipun usia motornya tak lagi muda 😀 Motor matic di kenal motor yang rentan dan sering mengalami kerusakan begitu kata mereka yang tak hobi matic. Eits itu semua bisa di tepis asalkan kita tepat, cermat dan cepat tanggap dalam merawat motor matic kita 😀 Nah Berikut Tips Mujarap Untuk Motor Matic Anda 😀

9 Tips Merawat Motor Matic Agar Performa Tetap Prima

Tips Dan Trik Ampuh Merawat Motor Matic Agar Performa Tetap Prima

1. Pemanasan Pada Mesin Motor

Panasi mesin motor matiac terlebih dahulu sebelum digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Lakukan situasi ini antara 5-10 jam sebelum siap dipakai.

Baca Juga : Perbandingan Kawasaki z250 dengan ninja 250

2. Kecepatan Motor

Kondisikan kecepatan motor awak secara stabil. Janganmelakukan pengegasan yang tiba-tiba. Demikian pun sebaliknya, jangan langsung menurunkan kecepatan pada saat awak berjalan dengan kecepatan banyak.

3. Usahakan Tangki Motor Jangan Sampai Kering

Hindari tangki petunjuk bakar kosong. Segera mainkan pengisian bahan bakar apabila bensin sudah mulai habis. Hal ini untuk menjauhkan terjadinya keausan mesin.

4. Ganti Oli Secara Teratur

Ganti oli ini juga yaitu salah satu syarat bagi membuat motor anda akhirnya menjadi awet dan selalu gedrungen baik kondisi mesinya ataupun perfom saat di sarana.

5. Kontrol Aki Dan Busi

Perhatikan juga kondisi Aki dan businya. Ini yaitu komponen penting dari motor unit matic anda angar bukan mogok dan tetap damai dikendarai.

6. Periksa Roler Kemudian Vent Belt

Segera ganti komponen ini bila sudah bukan layak. Pennggantian spare part apapun usahakan menggunakan extra part yang asli yang direkomendasikan.

7. Periksa Ruang Transmisi Dan Oli Shockbreaker

Periksa ini secara berkala terutama ketika akan melakukan perjalanan keluar kota atau perjalanan yang cukup jauh. Di dalam ruang transmisi biasanya tidak sedikit debu yang menempel pada sana. Selalu perhatikan serta bersihkan bila ruang transmisi sudah mulai kotor. Ganti juga Oli Shockbreaker alamenurut, berkala.

8. Kontrol Filter Udara 

Biasanya kita menyepelekan hal yang sepele padahal akibatnya pun juga bisa fatal 😀 salah satunya filter udara motor ini. Periksa dan bersihkan jika sudah berdebu dan jika basah segera ganti filter udara motor anda.

9. Servis Motor Matic Anda Secara Berkala Dan Servis Di Bengkel Resmi

Selain cara merawat motor unit matic yang Mas Particularidad paparkan di atas tena ada cara lain juga yang tentunya akan membikin motor matic anda masih sempurna dan awet. Kamu tidak mau kan electric motor matic anda tiba-tiba rusak atau performa turun.

Untuk itu anda mesti lebih cermat dalam perawatan motor matic anda agar performa motor bisa tentu terjaga seperti saat awak membeli baru motor matic anda.

Tips Sederhana Perawatan Motor Matic Yang Bagus

Mengganti Oli Mesin Berkala

Oli mesin merupakan kebutuhan motor yang harus dipenuhi, termasuk motor unit matic. Sebaiknya Anda kerap mengecek oli mesin motor dan menggantinya secara rutin sesuai dengan pemakaian agar oli senantiasa baru.

Apabila oli mesin sudah tak berpelumas serta dan tak segera diganti maka akibatnya pun akan fatal total adalah akan merusak mesin motor. Mengganti oli mesin dilakukan apabila telah menempuh jarak 3000Km atau 3 bulan sekali untuk kerap menjaga kebersihan mesin motor unit Anda.

Memperhatikan Timing Seatbelt

Timing belt merupakan periode yang sangat essential di motor matic. Timing seatbelt berfungsi menggerakan roda belakang. Fungsi dari timing seatbelt adalah sama seperti rantai pada motor bertansmisi.

Harus selalu memperhatikan time belt agar tidak mengeras dalam perawatan motor matic. Apabila timing belt mengeras maka motor matic Kita akan sulit berjalan lalu agak terhambat dalam perjalanan.

Memperhatikan Oli CVT

CVT adalah kependakan Continous Changing Vransmissionyang memiliki kegunaan sebagai tansmisi pada motor matic. Cara kerja CVT ialah mengganti transmisi secara spontan sesuai kecepatan saat Kamu berkendara.

CVT merupakan periode penting pada motor matic karena disinilah letak primer pergerakan motor. Untuk tersebut Anda sebaiknya memperhatikan oli pada cvt dan menggantinya secara berkala agar transmisi motor matic Anda masih terjaga.

Sudah siapkah anda untuk rutin melakukan hal diatas ??? 😀

Jika ingin performa mesin tetap terjaga lakukan hal diatas secara rutin dan berkala agar mesin tetap terjaga 😀

0 komentar